Rabu, 01 Maret 2023

NOT NULL

 

Pengertian         

"Not null" dalam basis data merujuk pada sebuah klausul yang menentukan bahwa nilai dalam sebuah kolom tidak boleh kosong atau NULL. Dalam hal ini, kolom tersebut harus selalu memiliki nilai yang valid atau berisi data yang telah ditentukan.

Dalam sebuah tabel basis data, NULL adalah nilai default untuk sebuah kolom, yang berarti kolom tersebut tidak memiliki nilai atau data yang spesifik. Ketika sebuah kolom diberi klausul "not null", maka kolom tersebut harus selalu memiliki nilai yang valid dan tidak boleh kosong.

Dalam contoh penggunaan klausul "not null", jika kita memiliki sebuah tabel yang menyimpan data pelanggan, maka kolom "nama" mungkin diberi klausul "not null" karena setiap pelanggan harus memiliki nama yang valid. Jika kita mencoba untuk menyimpan data pelanggan baru tanpa nama, maka akan muncul pesan error karena nama pelanggan harus diisi.


Contoh

Berikut ini adalah contoh penggunaan "not null" dalam SQL:

Membuat tabel dengan kolom yang tidak boleh kosong:

Pada contoh di atas, kolom id, nama, dan alamat memiliki konstrain NOT NULL, sehingga ketika kita ingin memasukkan data baru ke dalam tabel mahasiswa, kita harus memberikan nilai untuk ketiga kolom tersebut.

Menambahkan konstrain NOT NULL pada kolom yang sudah ada:

Pada contoh di atas, kita menambahkan konstrain NOT NULL pada kolom nama di tabel mahasiswa, sehingga semua data yang sudah ada di dalam tabel harus memiliki nilai untuk kolom tersebut.

Memfilter data yang tidak kosong dengan operator IS NOT NULL:

Pada contoh di atas, kita mengambil semua data dari tabel mahasiswa yang memiliki nilai (tidak null) untuk kolom alamat.


Fungsi

Fungsi NOT NULL adalah sebuah pernyataan atau operator dalam SQL yang digunakan untuk mengecek apakah sebuah nilai di dalam kolom database tidak null atau kosong. Dalam SQL, NULL digunakan untuk merepresentasikan nilai yang tidak diketahui atau tidak ada nilai yang tersedia.

Dengan menggunakan NOT NULL, kita dapat memastikan bahwa sebuah kolom dalam sebuah tabel tidak memiliki nilai null atau kosong. Dalam konteks database, ini sangat penting karena memastikan integritas data dan mencegah terjadinya kesalahan saat melakukan operasi seperti pengambilan data atau pengurangan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESTful API

RESTful API adalah salah satu jenis arsitektur API (Application Programming Interface) yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web...