Kamis, 09 Maret 2023

OUTER JOIN

 Pengertian

ROUTER JOIN adalah jenis operasi JOIN di dalam database yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dua tabel atau lebih berdasarkan kolom yang sama, tetapi dengan menampilkan semua baris dari salah satu atau kedua tabel, bahkan jika tidak ada baris yang cocok di tabel lain

Ada tiga jenis OUTER JOIN: LEFT OUTER JOIN, RIGHT OUTER JOIN, dan FULL OUTER JOIN.


LEFT OUTER JOIN mengembalikan semua baris dari tabel kiri dan kolom yang cocok dari tabel kanan. Jika tidak ada baris yang cocok di tabel kanan, maka akan diisi dengan nilai NULL.

RIGHT OUTER JOIN adalah kebalikan dari LEFT OUTER JOIN. Ini mengembalikan semua baris dari tabel kanan dan kolom yang cocok dari tabel kiri. Jika tidak ada baris yang cocok di tabel kiri, maka akan diisi dengan nilai NULL.

FULL OUTER JOIN mengembalikan semua baris dari kedua tabel, dengan nilai NULL pada kolom yang tidak cocok.

OUTER JOIN sangat berguna ketika pengguna ingin menampilkan semua data dari satu atau kedua tabel, bahkan jika tidak ada data yang cocok dalam tabel lainnya.

 

Contoh

Di bawah ini adalah contoh OUTER JOIN pada dua tabel, "Customers" dan "Orders", menggunakan syntax SQL:

Dalam contoh ini, LEFT OUTER JOIN digunakan untuk mengambil semua baris dari tabel "Customers" dan baris yang cocok dari tabel "Orders". Jika tidak ada baris yang cocok di tabel "Orders", maka akan dihasilkan nilai NULL.


Fungsi

Fungsi Fungsi dari outer join di database adalah memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dua tabel atau lebih dan memperlihatkan baris yang tidak cocok dari satu atau kedua tabel. Outer join sangat berguna dalam situasi di mana kita ingin melihat data dari satu tabel yang tidak memiliki kesamaan dengan tabel lainnya. Contohnya, jika kita memiliki tabel karyawan dan tabel gaji, kita dapat menggunakan outer join untuk menampilkan semua data karyawan termasuk mereka yang tidak menerima gaji.

Outer join juga sangat berguna dalam membuat laporan dan analisis data, karena memungkinkan pengguna untuk melihat keseluruhan data meskipun ada data yang tidak memiliki kesamaan pada tabel lain. Dengan outer join, kita dapat melihat data dari beberapa tabel dan menghasilkan laporan dengan informasi yang lengkap.

Selain itu, outer join dapat digunakan untuk memperbaiki performa query, karena seringkali lebih cepat daripada menggunakan subquery atau UNION untuk menggabungkan data dari tabel yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESTful API

RESTful API adalah salah satu jenis arsitektur API (Application Programming Interface) yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web...