Kamis, 23 Februari 2023

Jenis SQL : DDL

 



Pengertian

DDL (Data Definition Language) adalah salah satu bentuk SQL yang bisa digunakan untuk menciptakan atau membuat database, tabel, struktur tabel, merubah struktur database, menghapus tabel, menghapus database serta membuat relasi antar tabel. Oleh sebab itu, DDL ini mempunyai sejumlah perintah dasar yang terdiri atas Create, Alter serta Drop.

 

Contoh

DDL (Data Definition Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola objek database seperti tabel, indeks, dan tampilan. Berikut adalah contoh penggunaan DDL di SQL:

1. Membuat tabel baru:

 


2. Menambahkan kolom ke tabel yang sudah ada:

 


3. Mengubah tipe data kolom:

 


4. Menghapus tabel:

 


5. Membuat indeks pada kolom tabel:

 


6. Menghapus indeks:

 


7. Membuat view baru:

 


8. Mengubah view:

 


9. Menghapus view:

 


Dalam contoh-contoh di atas, perintah DDL selalu diawali dengan kata kunci seperti CREATE, ALTER, atau DROP. Perintah DDL kemudian diikuti oleh objek yang akan dikelola seperti tabel, indeks, atau view, dan juga berbagai atribut seperti kolom dan tipe data.


Jenis Jenis

CREATE: digunakan untuk membuat objek database baru seperti tabel, indeks, atau tampilan.

ALTER: digunakan untuk memodifikasi struktur objek database yang sudah ada seperti menambah atau menghapus kolom dari tabel atau mengubah tipe data dari sebuah kolom.

DROP: digunakan untuk menghapus objek database seperti tabel, indeks, atau view.

TRUNCATE: digunakan untuk menghapus semua data dari sebuah tabel namun strukturnya tetap utuh.

RENAME: digunakan untuk mengganti nama objek database seperti tabel atau kolom.

Perintah-perintah DDL biasanya dijalankan oleh administrator atau pengembang database yang bertanggung jawab untuk merancang, membuat, dan mengelola database.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESTful API

RESTful API adalah salah satu jenis arsitektur API (Application Programming Interface) yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web...