Kamis, 23 Februari 2023

Jenis SQL : DML

 


Pengertian

DML adalah singkatan dari Data Manipulation Language, yang merupakan bagian dari SQL (Structured Query Language) yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan memodifikasi data yang disimpan dalam database. Perintah DML digunakan untuk menyisipkan, memperbarui, menghapus, dan mengambil data dari tabel dalam database.

 

Jenis Jenis DML

— INSERT: Menambahkan baris data baru ke tabel

Perintah di dml ini berguna untuk menambahkan baris ke dalam tabel. Adapun terdapat beberapa kueri pada perintah INSERT yang bisa kalian pahami yaitu:

INSERT: menentukan tabel maupun tampilan yang datanya akan ditambah

Column_list: daftar kolom yang nantinya akan terpengaruh bersama perintah INSERT

VALUES: untuk menentukan data yang nantinya ditambahkan ke dalam tabel

 

— UPDATE: Memodifikasi data yang ada di dalam tabel

Perintah dml ini dipergunakan untuk melakukan pergantian data pada sebuah baris. Sebagai contoh ketika kalian akan melakukan pergantian alamat email dari karyawan dengan nama Andi pada tabel “Data Karyawan B”, maka perintahnya yaitu.

UPDATE Data Karyawan B

SET email = ‘ani@gmail.com’

 

— DELETE: Menghapus data dari tabel

Perintah di dml selanjutnya yakni DELETE. Fungsi perintah ini yaitu menghapus baris yang berasal dari kumpulan record maupun data yang ada di data base. Sintaks DELETE yang perlu kalian ketahui sebagai berikut.

DELETE [FROM] {Nama Tabel}

[WHERE data yang akan dihapus]

Contohnya sebagai berikut ini yaitu akan dilakukan penghapusan mengenai data karyawan bernama Ani pada tabel “Data Karyawan B”.

DELETE

FROM Data Karyawan PT X

Where NamaDepan = ‘Ani’

 

— SELECT: Mengambil data dari tabel

Perintah ini dipergunakan supaya programmer bisa mengekstrak data yang berasal dari tabel berkriteria tertentu. Untuk melakukan perintah ini tentu saja prosesnya harus sesuai urutan.

SELECT DISTINCT item(s)

FROM table(s)

WHERE predicate

GROUP BY field(s)

ORDER BY fields

Sebagai contoh ketika mengambil data email dari guru melalui tabel “Data Guru SMK 1”, maka yang perlu dimasukkan perintahnya seperti berikut.

SELECT Nama, email

FORM Data Guru SMK 1

ORDER BY Nama Depan

Setelah memasukkan perintah tersebut maka akan muncul tabel yang berisikan nama dan email dari para guru.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESTful API

RESTful API adalah salah satu jenis arsitektur API (Application Programming Interface) yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web...