Kamis, 23 Februari 2023

Jenis SQL: DCL

 


Pengertian

Data Control Language (DCL) adalah jenis perintah SQL (Structured Query Language) yang digunakan untuk mengontrol akses ke objek database. Pernyataan DCL digunakan untuk memberikan atau mencabut hak istimewa kepada pengguna atau peran untuk melakukan tindakan tertentu pada objek database.

Command DCL

GRANT: Digunakan untuk memberikan hak istimewa kepada pengguna atau peran untuk objek basis data tertentu. Misalnya, memberikan hak istimewa SELECT pada sebuah tabel kepada pengguna.

REVOKE: Digunakan untuk mencabut hak istimewa yang telah diberikan kepada pengguna atau peran. Misalnya, mencabut hak istimewa UPDATE pada sebuah tabel dari pengguna.

DENY: Digunakan untuk secara eksplisit menolak akses ke pengguna atau peran untuk objek database tertentu. Misalnya, menolak hak istimewa SELECT pada sebuah tabel kepada seorang pengguna.

 

Contoh

Contoh Perintah DCL – Memberikan hak akses pada pengguna

GRANT SELECT ON db_belajar TO nama_user;

 

Contoh Perintah DCL – Menghilangkan hak akses pengguna

REVOKE INSERT ON nama_user_db FROM artikel;

 



Pada contoh di atas, terdapat beberapa perintah DCL (Data Control Language) yang digunakan dalam SQL.

Pertama, perintah CREATE TABLE digunakan untuk membuat sebuah tabel baru dengan nama Mahasiswa. Tabel tersebut memiliki empat kolom, yaitu NIM, Nama, Jurusan, dan Angkatan. Kolom NIM ditetapkan sebagai primary key, yang artinya setiap nilai di dalam kolom NIM harus unik. Kolom Nama dan Jurusan diberikan constraint NOT NULL, yang berarti setiap nilai di dalam kolom tersebut harus diisi. Sedangkan kolom Angkatan diberikan constraint NOT NULL, yang berarti setiap nilai di dalam kolom tersebut harus diisi dengan nilai integer.

Kemudian, perintah GRANT digunakan untuk memberikan hak akses pada user bernama user1 untuk mengakses tabel Mahasiswa. User tersebut diberikan izin SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE pada tabel Mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESTful API

RESTful API adalah salah satu jenis arsitektur API (Application Programming Interface) yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web...